Sabtu, 20 September 2014

Mengatasi error grub [minimal bash like line editing is supported]

Tadi pagi saya mau menginstal Burg di Ubuntu 14.04 LTS, dari pengalaman saya, saya tidak pernah mengalami error pada saat penginstalan Burg, entah tadi pagi kok  tiba" error yang bertuliskan [minimal bash like line editing is supported].
Sumber Google
lalu saya googling dan menemukan Tool GUI yang bernama Boot Repair Tool, yaitu aplikasi yang dapat di instal pada saat live CD/USB yang berguna untuk me repair grub secara normal lagi, dah akhirnya grub saya menjadi seperti semula kembali :)

Berikut cara install Boot Repair Tool
1. Buka Terminal pada saat Live CD/USB ketikkan
~$ sudo add-apt-repository -y ppa:yannubuntu/boot-repair
~$ sudo sed 's/trusty/saucy/g' -i /etc/apt/sources.list.d/yannubuntu-boot-repair-trusty.list
~$ sudo apt-get update
~$ sudo apt-get install -y boot-repair && boot-repair

dan Boot Repair Tool akan terbuka, klik Recommended Repair untuk merepair grub anda secara rekomendasi

Jika sudah selesai silakan restart lalu grub anda akan menjadi seperti semula yang normal :)


2 komentar:

  1. Saya sangat senang akang mendokumentasikan apa yang akang temukan bahkan sampai menjadikannya posting. Terima kasih. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru membalas, sama" mas, saya akan menulis lagi jika ada waktu luang

      Hapus